Sintang

Ini Pesan Kapolsek Serawai Sintang, Saat Anggota Patroli Jalur Sungai

Sintang (radar-kalbar.com)- Jajaran Polsek Serawai, Kabupaten Sintang terus meningkat patroli,guna untuk menciptakan kondisi wilayah yang aman dan kondusif.

Menariknya, patroli tersebut bukan hanya dilaksanakan di darat saja. Namun, juga dilaksanakan pada jalur sungai di wilayah hukum Polsek Serawai tersebut.

Kapolsek Serawai Ipda Rahmad Kartono SH MH mengungkapkan langkah dan upaya cipta kondisi di sepanjang jalur sungai wilayah hukum polsek tersebut digelar,karena memang wilayah Kecamatan Serawai masih banyak desa dan dusun yang tidak bisa dilalui oleh transportasi darat. Dan hanya bisa dilalui oleh transportasi air, sehingga pihak kepolisian juga berkewajiban untuk memperhatikan hal tersebut.

“Nah, guna untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam melakukan aktifitasnya sehari hari. Maka, tak bisa ditawar-tawar lagi, dan sudah menjadi kewajiban mutlak yang harus diberikan oleh pihak kepolisian kepada masyarakat. Hal itu juga yang dilakukan  oleh Polsek Serawai dalam memberikan rasa aman dan nyaman terhadap setiap warga masyarakat, khususnya yang menggunakan transportasi  air sungai dalam memenuhi kehidupannya,”ungkap mantan Kapolsek Bonti, Kabupaten Sanggau ini dalam press releasenya.

Patroli jalur sungai ini dilaksanakan secara kontinyu dan rutin.Untuk kali ini patroli perairan Polsek Serawai dipimpin oleh Kanit Intelkam,  anggota Reskrim dan Bhabinkamtibmas.

“Tim patroli air melakukan pelayanan kepada masyarakat langsung baik melalui sambang dialogis terhadap pemilik speedboat serta penumpang yang sedang melakukan aktivitas rutin di wilayah perairan Sungai Kapuas,” jelas pria asal Kampung Dalam, Pontianak Timur ini.

Selain itu kata pria yang akrab denganberbagai kalangan ini ketika dilakukan sambang tersebut,  anggota patroli  ini juga melakukan pengecekan terhadap kelengkapan – kelengkapan yang dimiliki oleh motoris speedboat (moda transportasi sungai, red), serta menyampaikan pesan-pesan keselamatan, dengan cara salah satunya yaitu meminta motoris untuk menyiapkan life jacket (pelampung keselamatan, red) dan menyiapkan suku cadang dari speedboat jika sewaktu-waktu mengalami masalah atau mogok. “Berbagai arahan dilaksanakan anggota saat patroli jalur sungai ini,” timpalnya.

Pria dengan satu balok dipundak ini, tidak lupa berpesan agar anggota Polsek Serawai yang sedang melakukan patroli air tersebut untuk menyampaikan kepada warga di sepanjang sungai yang dilalui,  terkait atensi dari pimpinan tentang maraknya berita atau informasi yang bersifat hoax di berbagai media sosial seperti facebook, instagram, youtube, dan lainnya serta penipuan via sms dan terlepon.  “Harapan kami, agar masyarakat diharapkan dapat menyikapi informasi yang berkembang di media sosial dengan bijak dan tidak mudah cepat terpengaruh. Ini juga yang saya pesankan kepada anggota,agar ikut memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang media sosial tersebut,” pungkasnya.

 

Pewarta  : Polsek  Serawai

Editor    : Sery Tayan

Berita Terkait

Close
Close