Angkasa Pura Logistik Tanda Tangani Kerja Sama dengan Pelita Air Service

Last updated:

Jakarta, radar-kalbar.com-PT Angkasa Pura Logistik, anak perusahaan PT Angkasa Pura I (Persero), menandatangani kerja sama sewa pesawat dengan PT Pelita Air Service untuk mendukung peningkatan konektivitas dan distribusi barang ke berbagai wilayah di Indonesia, serta bisnis kargo udara/ _air freight_ Angkasa Pura Logistik.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura Logistik Danny P. Thaharsyah dengan PLT Direktur Utama PT Pelita Air Service Muhammad Priadi, yang disaksikan oleh Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi di Kantor Pusat Angkasa Pura I di Kemayoran pada Selasa (21/1).

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, “Pengembangan bisnis kargo udara merupakan salah satu program strategis Angkasa Pura I pada 2020 ini. Hal ini ditunjukkan, salah satunya, melalui kerja sama sewa pesawat antara Angkasa Pura Logistik, selaku anak perusahaan, dengan Pelita Air Service dalam rangka mengembangkan bisnis _air freight_ Angkasa Pura Logistik”.

Lebih lanjut, Direktur Utama PT Angkasa Pura Logistik Danny P. Thaharsyah mengatakan, “Untuk memperkuat konektivitas, mendorong pertumbuhan perekonomian wilayah timur Indonesia, dan meningkatkan sinergi pelaku industri logistik udara, Angkasa Pura Logistik bekerja sama dengan Pelita Air melalui penyewaan pesawatnya. Sebagai perusahaan maskapai yang telah beroperasi sejak 1970-an dan berpengalaman sebagai pemegang _air operator certificate_ Boeing dan ATR, kami percaya Pelita Air Service dapat memberikan pelayanan jasa angkutan udara dengan pesawat untuk mengangkut kargo Angkasa Pura Logistik”.

Pada 2020 ini, pengembangan _adjacent business_ oleh anak perusahaan merupakan salah satu strategi bisnis Angkasa Pura I untuk meningkatkan pertumbuhan pendapatan, terutama pendapatan non-aeronautika, termasuk bisnis kargo udara melalui Angkasa Pura Logistik. Pada Mordor Intelligence Report 2019 diungkapkan proyeksi peningkatan bisnis _air freight_ di Indonesia yang sebesar 110% pada 2018-2024 dengan perkiraan pertumbuhan CAGR (2019-2024) sebesar 13,12 persen di mana volume pasar air freight pada 2018 sebesar USD 9,2 miliar dan diprediksi valuasi pasarnya meningkat mencapai USD 19,3 miliar pada 2024. Tren pertumbuhan di sektor logistik juga dikemukakan oleh Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) di mana menurut lembaga ini pertumbuhan sektor logistik pada 2020 berada di kisaran 9 persen sampai dengan 10,4 persen.

Berdasarkan potensi pertumbuhan ini, lanjut Danny P. Thaharsyah, Angkasa Pura Logistik mulai mengembangkan bisnis _air freight_. Adapun pesawat yang disewa Angkasa Pura Logistik yaitu 2 unit pesawat jenis ATR 72-500F di mana pesawat ini akan digunakan untuk mengangkut kargo dengan rute Jakarta-Balikpapan (PP) dan Jakarta-Makassar (PP) pada tahun ini. Ke depannya akan dikembangkan rute-rute tambahan seiring dengan pertumbuhan bisnis _air freight_.

***

Jakarta, 21 Januari 2020
Vice President Corporate Secretary

HANDY HERYUDHITIAWAN
————————————————————————————————————————–
*Media Contact*
*Angkasa Pura I*
Awaluddin (Corporate Communication Senior Manager)
HP: 081233337520
e-mail: awaluddin@ap1.co.id

*Angkasa Pura Logistik*
Wahyu Hadiyanto (Corporate Secretary)
HP: 087887000539

*Tentang PT Angkasa Pura I (Persero)*
PT Angkasa Pura I (Persero) merupakan salah satu BUMN pengelola bandara di Indonesia. Angkasa Pura I mengelola 15 bandara, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo Biak, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Lombok Praya, Bandara Pattimura Ambon, Bandara El Tari Kupang, dan Bandara Sentani Jayapura. Angkasa Pura I juga mempunyai lima anak perusahaan, yaitu PT Angkasa Pura Logistik, PT Angkasa Pura Properti, PT Angkasa Pura Suport, PT Angkasa Pura Hotel, dan PT Angkasa Pura Retail. Informasi tentang Angkasa Pura I dapat dilihat di www.ap1.co.id.

Facebook : www.facebook.com/angkasapura.airports
Twitter : @AP_airports
YouTube : www.youtube.com/angkasapuraairports
Instagram : @ap_airports
Call Center : 172

*Tentang PT Angkasa Pura Logistik*
PT Angkasa Pura Logistik (APLog) merupakan salah satu anak perusahaan Angkasa Pura I dan salah satu perusahaan supply chain terbaik di Indonesia. Dengan kegiatan transportasi dan logistik yang didukung oleh teknologi, Angkasa Pura Logistik memposisikan bisnisnya pada tingkat tertinggi di jaringan kargo darat, laut, dan udara di dunia untuk mendukung kegiatan perusahaan dari barat hingga ke timur Indonesia. Layanan terintegrasi Angkasa Pura Logistik melalui rantai transportasi kargo darat, laut, dan udara, yang dikombinasikan dengan keahlian di pada proses bea cukai, kesiapan fasilitas seperti pergudangan dan penanganan kargo, akan menghadirkan nilai tambah yang tinggi bagi pelanggan. Angkasa Pura Logistik juga menangani manajemen pergudangan, kargo, dan x-ray untuk memberikan layanan yang lengkap bagi pelanggan.