Nutrisi Groyield Bisa Tingkatkan Hasil Pertanian

Last updated:

Sekadau, radar-kalbar.com-Perusahaan Groyield yang bergerak dib pupuk telah membuka cabang di Kabupaten Sekadau.

Pembukaan cabang dibarengi dengan pengukuhan, korwil,korlap dan team marketing oleh menejer Hendrik Kiswanto Sabtu, (16/11) di Aula Asrama Putri Susteran paroki Sekadau.

Usai acara pengukuhan kepada awak media Hendrik Kiswanto mengatakan, bahwa pupuk yang di produksi oleh Groyield adalah jenis nutrisi bagi tanaman, pupuk jenis ini sudah di patenkan dan sudah diuji coba pada tanaman pada 9 kabupaten di kalimantan barat.

Dari hasil uji coba tersebut, Groyield sudah menunjukan tren positip, yakni produk petani mengalami peningkatan sampai 100 persen.

“Setelah mengunakan nutrisi Groyield produksi petani bisa naik 100 persen, ini hasil uji kami di 9 kabupaten beberapa waktu lalu,” kata Hendrik.

Saat pemberian nutrisi kepada tanam kata dia lagi, untuk kelapa sawit yang umurnya masih di bawah lima tahun cukup oleskan di pelepah saja, kalau yang sudah berumur lima tahun ke atas, caranya memasukan nutrisi Groyield adalah dengan cara di bor batangnya.
Untuk dosis satu batang sawit hanya 30 mili saja, jadi satu kaleng produk Groyield isinya 1.000 mili liter, jadi tingal kalikan satu kaleng untuk berapa pokok.
Maka hasil produksi akan naik 100 persen tiga sampai empat bulan kedepan.

“Dosis satu pokok sawit hanya 30 ml, jika umurnya masih dibawah 5 tahun cukup oles, tapi jika sawitnya sudah diatas 5 tahun pakai bor melalui batangnya,”terang Hendrik.

Kalau untuk tanaman karet lebih praktis lagi, cara cukup dioleskan ke parit bekas sadapan, setelah di oles Nutrisi Groyield karet tersebut dua hari kemudian baru bisa di sadap kembali.

Lagi pula pemberian Nutrisi Groyield untuk karet dan tanaman lainya sama,yakni sebulan sekali. Kalau untuk karet dosisnya satu kaleng dengan isi 1.000 mili liter cukup untuk 1.000 pokok karet.

“Hasil sadapanya 66 persen murni air karet, artinya dari segi berat sangat baik, karena memang air karet murni,”jelas Hendrik.

Sementraa itu ditempat yang sama kepala dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Penyuluhan (DKPP) dalam sambutanya mengatakan,dirinya menyambut baik dengan hadirnya Groyield dikabupaten Sekadau,karna petani sangat membutuhkan jenis pupuk ini, sebab bisa untuk semua jenis tanaman.

“Pupuk organik cair seperti ini menjadi solusi bagi petani, untuk bisa meningkatkan hasil produksi. Untuk itu, pemerintah daerah menyambut baik hadirnya Groyield di Sekadau,”katanya.

Pemerintah daerah Sekadau menghendaki agar adanya kerjasama dengan perusahaan ini.

“Kami dari pemerintah daerah mengucapkan trimakasih kepada pihak perusahaan yang telah menbantu memberikan solusi kepada masyarakat petani,”ungkapnya.

Kedepan kata dia Groyield kiranya bisa bekerjasama, dengan pemerintah daerah, untuk mengenalkan produk tersebut kepada petani demi perubahan hasil produk bagi petani khusunya di Sekadau,”tutupnya.

 

 

 

 

 

 

Pewarta : sutarjo.